Tips Membuat Teh Herbal Untuk Mendapatkan Rasa Yang Mantap

Berikut adalah beberapa tips membuat teh herbal :

  1. Jangan menggunakan air ledeng karena mengandung berbagai mineral yang akan mempengaruhi rasa dan bau teh. Yang ideal tentu saja air yang berasal dari mata air. Tapi bisa digunakan air sumur yang telah disaring atau air mineral btl.
  2. Untuk hasil yang terbaik, gunakan air yang hampir mendidih untuk menyeduh. Air yang sudah mendidih sempurna akan menguap sehingga minyak aromatik akan terbuang percuma, selain itu air akan kehilangan oksigennya. Hal ini juga penting untuk pembuatan teh yang direbus, selama perebusan air sebaiknya dijaga agar tidak sampai mendidih benar.
  3. Remukan bahan pembuat teh, yang segar maupun kering, sebelum disedu atau direbus. Dengan demikian minyak aroma maupun zat-zat bermanfaat lainnya lebih mudah keluar.
  4. Kualitas teh yang berasal dari herbal segar lebih baik dari pada herbal kering. Karena kandungan mineralnya masih utuh. Jadi, jika cocok dengan jenis teh tertentu, lebih baik menanamnya sendiri.
  5. Bila teh herbal hasil eksperimen Anda tidak sesuai dengan selera Anda, tambahkan sejumput teh hijau atau lemon dan madu.
  6. Sebagai variasi, Anda bisa menambahkan jus buah-buahan kedalam teh.

Sumber : Majalah Nirmala 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s