Madu Untuk Anak – Anak

Sebagai mana kita ketahui madu merupakan makanan yang bagus untuk semua orang, hal ini dikarenakan madu memiliki  kandungan zat yang sangat banyak dan bermanfaat untuk tubuh kita. Tidak terkecuali juga untuk anak-anak.

Namun karena tubuh seorang anak berbeda dengan orang tua maka kebutuhan nutrisinya-pun pasti  juga berbeda. Dengan mengkonsumsi madu dalam jumlah yang terukur  akan membawa manfaat yang sangat baik untuk anak. Dengan hal itulah maka dibuatlah sebuh produk yang disesuaikan untuk usia anak-anak.

Pemberian madu pada anak-anak dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Sebagai perbandingan, anak yang tidak diberi madu kandungan hemoglobinnya hanya naik sampai 4 persen selama 40 hari. Sedangkan yang mengkonsumsi madu disamping makan normal, kandungan hemoglobinnya naik 23 persen pada waktu yang sama.

Madu sangat baik sekali bagi bayi terutama madu randu (kapuk), apabila dicampur dengan susu. Hal ini karena madu mengandung cukup banyak besi sedang susu ibu atau susu sapi mengandung sedikit saja. Madu dengan kadar gula dan levulosa yang tinggi sangat mudah diserap oleh usus bersama dengan zat-zat organic lain, dengan demikian dapat bertindak sebagai stimulan bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan.

Beberapa dokter anak yang membaca hasil studi tentang penggunaan madu untuk anak-anak  merekomendasikan bahwa madu anak dapat dijadikan alternatif dalam mengatasi batuk pada anak. Namun mereka menyarankan, sebaiknya madu tak diberikan pada anak di bawah satu tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s