Sari kurma

 
Kurma, buah yang hitam tapi tak sehitam rasanya ternyata menyimpan berbagai macam khasiat. Bahkan Rasul telah mengungkapkan beberapa khasiatnya sejak berabad lalu.

Ummat muslim mana yang tak kenal dengan panganan yang satu ini. Si hitam imut yang rasanya amatlah manis. Tapi dibalik kemanisannya itu bukan tersimpan penyakit seperti diabetes atau yang lainnya melainkan sebuah rahasia menuju keridhoaan Allah tersimpan di dalamnya.

Bagaimana bisa keridhoan Allah tersimpan di dalamnya? Kurma ini adalah salah satu makanan kegemaran Rasulullah dan tentu saja menjadi sunnah, dan bila kita mengikuti sunnah maka insya Allah pintu keridhoan Allah akan terbuka. “Siapa pun yang pagi-pagi makan tujuh buah kurma ‘Ajwah, maka pada hari itu dia tidak mudah keracunan dan terserang penyakit.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Melalui penelitian, ternyata kurma berkhasiat antara lain:

Sungguh banyak manfaat kurma baik bagi anak-anak maupun ibu hamil. Sebagai penambah nafsu makan maupun penawar segala macam penyakit bahkan hingga sihir. Bisa sebagai pengganti tenaga yang hilang juga sebagai pencerdas otak. Namun suatu hal yang perlu diingat mengkonsumsi kurma sebaiknya tak terlalu berlebihan sesuai dengan apa yang telah di contohkan Rasul agar manfaatnya bisa maksimal.

Makanan dan minuman terbaik untuk ibu hamil dan pasca melahirkan serta menstabilkan kembali darah dan nutrisi yang sempurna untuk bayi melalui asi ibu yang mengkomsumsi kurma, Mencegah dan mengobati stroke, Mengobati animea, lesu dan letih, Menambah berat badan anak, meningkatkan vitalitas , Memperlancar saluran kencing, Meningkatkan trombosit dalam darah dan mengatasi DBD, Mengatasi reumatik, Mencegah tubuh dari bakteri dan kanker, Memelihara dari kerabunan, Menstabilkan kejiwaan bagi anak dan lansia, Memperlambat penuaan tubuh, Menyehatkan kulit lebih lembut, Membantu pertumbuhan tulang dari kekurangan kalsium, sangat cocok untuk diet, Mengatasi wasir

Bahkan khasiat sari kurma ini pernah dirasakan oleh orang terdekat H. Hidayatullah Sanusi ini kisah nyata khasiat sari kurma, yaitu anak kandungnya sendiri. Saat itu sang anak terkena penyakit demam berdarah. Bukannya menebus obat dari resep dokter tapi si anak terus di obati dengan Sari Kurma Sahira.

Ada satu kejadian lagi, yang masih keluarga dari H. Sanusi, keponakannya yang bernama Ryan awalnya ia tak nafsu makan, tapi setelah rutin mengkonsumsi Sari Kurma anak ini nafsu makannya menjadi bertambah. Berat badannyapun naik dan terlihat sehat sekarang.

Telah banyak memang bukti nyata yang telah ditunjukkan oleh khasiat dari buah yang umumnya tumbuh di Timur Tengah ini. Berilah makan buah kurma kepada isteri-isteri kamu yang sedang hamil, karena isteri-isteri kamu yang sedang hamil. Karena sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, niscaya anak yang akan lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas. Sesungguhnya makanan Siti Maryam takkala melahirkan Nabi Isa a.s adalah buah kurma. Sekiranya, Allah s.w.t., menjadikan suatu buah yang lebih baik dari pada buah kurma, maka Allah telah memberi makan buah itu kepada Siti Maryam.” (H.R. Bukhari)

Solusi Tuntas Pada Ibu Hamil, Melahirkan, Nifas dan Menyusui:

Dalam kurma terdapat hormon yang mirip dengan hormon oksitosin (hormon yang dihasilkan neurohipofisa, bekerja untuk merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama coitus dan melahirkan) yang membantu proses kelahiran. Setelah persalinan. hormon oksitosin juga bermanfaat untuk mengeringkan rahim, meningkatkan kontraksi otot-ototnya yang terajut satu sama lain.

Kurma dalam Membangkitkan sifat kelembutan kaum Pria: Sungguh besar manfaat hormon oksitosin yang diperoleh dari Kurma. Hormon yang sangat bermanfaat ini melunakan hati dan perasaan,menimbulkan sifat kasih-sayang, dan itu muncul secara natural, bukan dibuat-buat.

Peranan Kurma dalam Mengatur Hormon Estrogen:

Telah diketahui adanya unsur lain di dalam kurma yang komposisi dan pungsinya sangat mirip dengan hormon estrogen. Diantara fungsi hormon ini antara lain: Fungsi-fungsi tulang, Payudara, Kulit, Rahim, Hormon FSH yang merangsang kantong buah pelir (scrotum), Memproduksi badan kuning (corpus luteum) LH di dalam ovarium yang menggantung pada ligament besar, Keseimbangan ion-ion dan mineral-mineral di dalam tubuh, Siklusmenstruasi, Distribusilemakdi dalam tubuh, Produksi insulin, Produksi sperma padapria.

Ibnu Umar meriwayatkan hadits dari Rosululloh SAW ” Ada jenis pohon yang berkahnya seperti berkah seorang muslim, yaitu pohon kurma. Komentar Para Ulama dan Ahli Kedokteran tentang Kurma:

1. DR. JabbarAn-nuaimi dan DRAI-amirAbbas Ja’far,
“Kurma mengandung unsur sejenis pengikat rahim yang dapat membantu mencegah pendarahan seusai melahirkan.” “Kurma merupakan bahan dasar dari obat baru yang dikenal dengan diostolen, zat ini sangat penting untuk mengatasi reumatic dan beberapa jenis penyakit mata.”

2. AI-lmamlbnulQoyyimAI-jauziyyahRohimahulloh,
“Kurma berkhasiat memperkuat lever, memperlancar buang air, menambah libido sex, dan menyembuhkan tenggorokan kering”

3. SyeikhRobi’AI-Qutsaim,
“Para wanita yang bersalin tidak memiliki sesuatu yang lebih baik bagi mereka selain kurma masak.”

4. Amru bin Maimun,
“Kalau seorang wanita kesulitan melahirkan, tidak ada yang lebih baik daripada kurma masak, baik yang basah maupun yang kering.”

Kandungan dalam 100 gram kurma

> Kartohidrat 75 gr Asam Folic 5,4 mikrog
> Fiber/serat 2,4 gr Mineral kalium 52 mg
> Protein 2,35 gr Magnesium 50 mg
> Lemak 0,43 gr Tembaga/cofper 2,4 mg
> Vitamin A 90 IU Sulfur 14,7 mg
> Vitamin B1 93 mg Besi 1,2 mg
> Vitamin B2 144 mg Zink 1,2 mg
> Vitmin C 6,1 mg Fosfor 63 mg
> Asam nikonat 2,2 mg Energi 323/100 gr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s